Malik adalah seorang anak yang dengan menderita Beckwith-Wiedemann (BWS) yaitu kelainan pertumbuhan yang ditandai dengan lidah memanjang. Selain itu juga pada saat lahir usus nya berada di luar dinding perut (ompalokel).

 

Sudah dilakukan beberapa operasi, mulai dari operasi ompalokel, pemotongan lidah, serta operasi testis karena malik tidak memiliki testis. Sudah dilakukan juga tes kromosom untuk menentukan apakah Malik laki-laki atau perempuan.

 

Saat ini, malik harus menjalani tes genetik untuk menentukan BWS nya. Tes genetik tersebut harus dilakukan di Jerman, dengan biaya 15 juta. Dengan banyak bantuan dari tetangga dan saudara. Saat ini ada dana terkumpul sebesar 5juta yang dikumpulkan melalui sukarela tetangga, hingga saudara yang datang menjenguk Malik. Namun kebutuhannya masih kurang, untuk menutupi keperluan Malik menjalani tes dan operasi potong Lidah.

 

Penyakit yang di idap Malik saat ini cukup langka dan hanya ada 12 Jiwa di Indonesia yang mengidap penyakit tersebut. 6 Orang sudah meninggal lebih dulu dan 6 Orang lagi tersebar di beberapa wiliyah Indonesia dan salah satunya Malik. 

Update Terkait