Pada Jumat, 8 Maret 2024, pukul 05.00 WIB selepas salat subuh berjamaah, seluruh mahasantri Ma’had Cinta Quran Center (CQC) bersama-sama membaca surat Al-Kahfi di Masjid al-Fatih. 

 

Rutinitas membaca Al-Kahfi ini selalu dilakukan seluruh mahasantri di hari jumat pagi. Selain dari pada kurikulum yang telah ditetapkan, membaca al-Kahfi pada hari jumat adalah salah satu keutamaan yang ada di hari jumat.  

 

Membaca Al-Kahfi bersama-sama pada hari Jumat dipimpin oleh salah satu santri ikhwan yang telah ditunjuk, ia memulai dengan membaca Surat Al-Fatihah sebagai pembuka sebelum membaca Surat Al-Kahfi. Disusul seluruh Mahasantri Ikhwan dan Akhwat untuk mengikutinya bacaan Al-Kahfi bersama-sama hingga ayat terakhirnya. 

 

Seluruh Mahasantri sangat antusias mengikutinya, walaupun sedikit rasa kantuk yang menghampiri, namun keinginan untuk mengambil keutamaan membaca Al-Kahfi pada hari Jumat begitu mendominasi, sehingga lisan pun tetap mengikuti ayat demi ayat dari Surat Al-Kahfi ini. 

 

Setiap detik berjalan, berganti pada menit ke menit dan bertemulah mahasantri pada ayat terakhir surat al-Kahfi ini. Itu artinya sesi membaca Al-Kahfi pun usai. Dan pada akhirnya ditutup dengan pembacaan doa khotmil Quran dan asmaul husna bersama. Mahasantri berharap dengan bacaan Al-Kahfi ini dapat diterima Allah sebagai amal salih, sehingga meraih fadhilah bacaan ini. 

 

Tujuan diadakannya pembacaan Al-Kahfi bersama adalah untuk meraih fadhilah membaca Al-Kahfi di hari Jumat, yaitu mendapat rahmat atau cahaya Allah dari Jumat ke Jumat depan. Semoga Allah senantiasa menerima segala amal ibadah seluruh kaum muslim, dan senantiasa menjaga dimanapun berada, Aamiin..!

Update Terkait