Pada Selasa, 5 Maret 2024, materi sains pada pelajaran tematik siswa kelas 3 Sekolah Alam An Naba sudah selesai. Mereka mulai melakukan review materi yang bertemakan sumber energi. Jika biasanya mereview materi hanya dari workbook dan mengerjakan worksheet. Kali ini wali kelas melakukannya dengan cara yang berbeda, yaitu dengan memodifikasi permainan tradisional Cublak-Cublak Suweng.

 

Langkah pertama siswa dibagi menjadi 2 tim yang terdiri dari 5 siswa. Masing-masing tim diberi arahan terkait aturan main, penentuan pemenang, dan komponen apa saja yang digunakan saat bermain. Jika pada permainan aslinya pemain mengoper baru kerikil, siswa di kelas menggunakan penghapus sebagai objek untuk menentukan siapa yang berjaga berikutnya.

 

Selain penghapus, masing-masing tim juga diberi lembaran kartu pertanyaan tentang review materi terkait sumber energi. Tim yang berhasil menjawab pertanyaan paling banyak, maka dinyatakan sebagai pemenang. Dengan mengganti iringan lagu Cublak-Cublak Suweng menjadi lagu sumber-sumber energi, permainan pun dimulai. Pemain yang mengoper penghapus akan berhenti mengoper penghapus jika lagunya berhenti.

 

Sementara teman yang berjaga harus mengambil kartu pertanyaan dan menjawab pertanyaan di dalamnya. Jika jawabannya benar maka mendapatkan 100 poin, jika salah tidak mendapat poin, dan jika tidak bisa menjawab maka kembali berjaga.

 

Beberapa kali lagu diputar, para siswa semakin semangat dan bersaing ketat satu sama lainnya. Hingga setelah selesai mereka mengungkapkan bagaimana perasaan mereka saat bermain dan apa strategi mereka untuk menjawab banyak pertanyaan dan memenangkan permainan.

Ternyata, mereview materi dengan metode game based learning, sangat menyenangkan dan membantu mereka semakin mudah mengingat materi yang sudah dipelajari.

Update Terkait