Penjernihan air dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan penyaringan, pemanasan, dan penambahan bahan pemutih. Para siswa kelas V SD Sekolah Alam An Naba pada Rabu, 20 Maret 2024, akan mempraktekkan salah satu cara penjernihan air, yaitu dengan melakukan penyaringan.

 

Siswa kelas V berkegiatan membuat alat penyaringan air sederhana guna membuat air lebih jernih/layak untuk digunakan. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok. Terdiri dari kelompok 1 (ikhwan) dan kelompok 2 (akhwat)

 

Masing-masing kelompok membuat alat penyaringan, kelompok pertama alat dengan bahan dan urutan lapisan sesuai panduan guru, sedangkan alat kedua sesuai kesepakatan dalam kelompok.

 

Adapun bahan-bahan alat penyaring pertama adalah botol mineral plastik ukuran 1,5 liter, pasir silica, pasir malang, kerikil batu zeolit, tisu, kapas, dan air danau dan air kolam. Sedangkan alat yang dibutuhkan yaitu cutter, gunting dan gelas plastik,.

 

Alat penyaring kedua berisikan susunan bahan penyaring air yang disesuaikan dengan hasil diskusi bersama dalam kelompok dan disediakan kelompok.

 

Kegiatan dilakukan secara bergantian tiap kelompok dan dilakukan dengan penuh antusias.Mereka memulai dengan memotong botol menjadi dua . Kemudian menyusun lapisan bahan penyaring dan terakhir memasukkan air kotor. Hasil penyaringan air dapat mereka lihat pada bagian bawah botol.

 

Setelah selesai, siswa kelas V melakukan pengamatan pada kedua alat penyaringan yang sudah mereka buat. Mereka pun membandingkan hasilnya. Dari hasil yang didapat mereka pun menganalisa mengapa hal itu terjadi. Misal, mengapa hasil air alat kelompok (ikhwan) lebih jernih dari alat kelompok (Akhwat) , dan sebagainya.

Update Terkait