Para siswa kelas 5 Sekolah Alam An Naba tidak hanya belajar dari buku, namun mereka juga belajar dari tanah. Dalam sebuah kegiatan berkebun pada Rabu, 28 Februari 2024,  para siswa ini menanam sayur kangkung dan menanam krokot mawar, dengan penuh antusiasme. Di bedengan kebun yang terbagi menjadi lima buah, setiap kelompok siswa bertanggung jawab atas satu bedengan. Dua siswa dalam satu kelompok bekerja sama secara serius, memastikan setiap tanaman terawat dengan baik.

 

Pada proses perkebunan ini, tanaman kangkung telah tumbuh subur, hal itu mencerminkan bahwa ketekunan mereka (para siswa) sejak penanaman biji seminggu lalu. Namun, kegiatan mereka tidak berhenti disitu saja. Dengan kreativitas yang luar biasa, para siswa ini juga memanfaatkan Pupuk Organik Cair (POC) buatan sendiri, disiram ke  tanaman kangkungnya. POC ini telah mereka persiapkan sebelumnya di sekolah, hal tersebut menunjukkan dedikasi mereka dalam menjaga kelestarian lingkungan dan pemanfaatan limbah organik dari kulit buah.

 

Tak hanya itu, untuk menambah keindahan kebun mereka, siswa-siswa juga menanam krokot mawar di ban-ban yang disusun dengan estetik. Melalui kegiatan ini, mereka tidak hanya belajar tentang proses tumbuh-kembang tanaman, tetapi juga memupuk rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar.

Update Terkait